Biasa Minum Obat Incidal? Hindari Penyebab Alergi

Biasa Minum Obat Incidal? Hindari Penyebab Alergi

obat incidal

Apakah Anda sering mengalami gejala alergi, mulai dari gatal-gatal, bersin, sampai gatal tenggorokan? Jika Anda pernah mengalaminya dan berobat ke dokter, tidak jarang dokter akan memberikan resep antihistamin, seperti obat Incidal. Penggunaan obat ini terbukti cukup efektif meredakan gejala umum alergi, mulai dari gatal-gatal sampai pada sakit kepala. 

Namun tentunya, tidak baik juga jika terus-menerus pada obat Incidal. Bagaimanapun, menghindari penyebab alergi agar tidak perlu mengonsumsi obat antihistamin jauh lebih disarankan. 

Banyak penyebab yang dapat memicu alergi pada diri Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab alergi umum yang kerap menjadi pemicu munculnya berbagai gejala alergi yang membuat Anda tidak nyaman. Jadi, kenali apa penyebab alergi Anda dan berusahalah menghindari berbagai penyebab alergi di bawah ini. 

Bulu Binatang 

Anda sering mengalami alergi, walaupun hanya di rumah? Pertanyaannya, apakah Anda memiliki hewan peliharaan? Bulu binatang sangat rentan menimbulkan reaksi alergi. Pasalnya, kelenjar minyak di kulit hewan tidak jarang mengandung protein penyebab alergi yang bisa menyerang Anda lewat perantara bulunya. Bukan berarti Anda tidak bisa memelihara hewan jika memiliki indikasi alergi. Anda bisa mengurangi risiko kerentanan alergi bulu binatang tersebut dengan menetapkan zona bebas hewan di beberapa ruangan rumah dan memastikan binatang Anda senantiasa bersih dengan jadwal mandi yang teratur. 

Tungau 

Sering mendengar seseorang menderita alergi karena debu? Lebih tepatnya ketika debu Anda, berbagai mikroorganisme yang mengandung protein penyebab alergi. Tungau atau dust mite menjadi musuh terbesar bagi kebanyakan orang sehingga memicukan alergi. Tungau biasanya hidup di kasur, karpet, ataupun gorden yang penuh debu. Mereka memakan sel-sel kulit mati dari manusia, namun sekaligus menimbulkan reaksi pada tiap gigitannya. Untuk mengurangi masalah INI, gunakan bantal hipoalergenik, kasur penutup, bantal, dan pegas kotak, dan cuci seprai setiap minggu dengan air panas. Jauhkan pula rumah dari barang-barang pengumpul debu, seperti boneka binatang, gorden, dan karpet.

Serbuk Tanaman  

Anda mungkin terpaksa mengonsumsi obat Incidal karena mengalami bersin-bersin sampai mata berair tiap kali keluar ruangan. Jika kecenderungannya ke arah sana,  bisa jadi Anda mengalami alergi yang disebabkan oleh serbuk tanaman. Serbuk ini bisa berasal dari bunga, rumput, pohon, atau gulma sekalipun. Biasanya, orang-orang dengan alergi serbuk tanaman memiliki periode alergi musiman yang cenderung sama tiap tahunnya. Selain mengonsumsi obat Incidal, Anda dapat mencegah gejala alergi dengan mendapatkan suntikan alergi pada musim-musim tertentu. 

Sengatan Serangga 

Alergi yang disebabkan oleh sengatan serangga bisa menelurkan gejala yang cukup parah. Kebanyakan kasus alergi karena serangga ini bukan hanya menimbulkan reaksi gatal-gatal, melainkan sampai pada pembengkakan wajah dan masalah pencernaan yang cukup parah. Gejala alergi karena sengatan serangga pun bisa berlangsung lebih dari seminggu. Tidak jarang pada kondisi tertentu, sengatan serangga dapat mengancam jiwa karena menimbulkan gejala anafilaksis dan mesti diberi obat epinefrin segera oleh tenaga medis terlatih. 

 Obat-obatan Tertentu 

Selama ini Anda tidak pernah mengalami alergi, tapi belakangan jadi mengalaminya? Coba ingat-ingat, apakah belakangan Anda sedang mengonsumsi obat tertentu? Beberapa obat nyatanya dapat menjadi pemicu alergi, seperti aspirin dan penisilin. Sebaiknya, hentikan pemakaian obat yang mengundang reaksi alergi tersebut dan berkonsultasilah ke dokter mengenai penggantian obat yang lebih tepat. Gejala umum dari alergi obat-obatan sendiri kerap berupa mata berair, rasa gatal dan ruam, sampai kesemutan di area mulut. 

Obat Incidal tergolong obat keras dan mesti dikonsultasikan kepada dokter sebelum pemakaian. Dalam beberapa kasus, pemicu alergi tertentu pun tidak bisa ditangani dengan obat Incidal jika gejala yang ditimbulkan sudah tergolong parah dan mengancam jiwa.

Leave a Reply