Cito Indraprasta Semarang, Klinik Tepat untuk Tes Pencitraan

Cito Indraprasta Semarang, Klinik Tepat untuk Tes Pencitraan

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Semarang dan perlu menjalani tes pencitraan, Anda bisa melakukannya di laboratorium klinik Cito Indraprasta Semarang. Klinik ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas medis, salah satunya termasuk radiologi.

Adanya layanan radiologi di laboratorium klinik ini memungkinkan Anda untuk menjalani tes pencitraan. Hasil dari tes ini bisa dipakai untuk acuan dokter ketika akan melakukan diagnosa terhadap kondisi Anda. 

Informasi seputar laboratorium klinik Cito Indraprasta Semarang

Laboratorium klinik ini sudah beroperasi di Semarang sejak tahun 1967. Saat ini, laboratorium klinik ini sudah beradaptasi dengan pemanfaatkan teknologi dalam memberikan layanan kesehatan.

Hasil pemeriksaan di laboratorium ini bisa Anda akses secara online, sehingga akan memudahkan Anda ketika akan melakukan konsultasi dengan dokter. 

Apabila Anda ingin berkunjung dan melakukan pemeriksaan di Cito Indraprasta Semarang, maka pastikan Anda datang di jam operasional klinik, yaitu pada: 

  • Senin-Jumat, pukul 06.00-21.00 waktu setempat
  • Sabtu, pukul 06.00-18.00 waktu setempat
  • Minggu atau hari libur, pukul 07.00-13.00 waktu setempat

Ada banyak sekali layanan pemeriksaan medis yang disediakan di laboratorium klinik ini. Anda bisa memilih jenis pemeriksaan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Macam-macam tes pencitraan

Layanan radiologi adalah salah satu fasilitas medis yang disediiakan di laboratorium klinik ini. Layanan radiologi atau pencitraan pada dasarnya terdiri atas beberapa jenis tes, seperti: 

  • X-ray

X-ray merupakan salah satu jenis tes pencitraan yang cukup umum dilakukan. Di Cito Indraprasta Semarang pun, Anda juga bisa menjalani tes X-ray ini. 

Tes x-ray memungkinkan dokter Anda untuk melihat kondisi bagian dalam tubuh tanpa perlu melakukan membuat sayatan. Fungsi X-ray berbeda-beda, bisa dipakai untuk melihat bagian dalam saluran pencernaan, kondisi payudara, dan lain sebagainya.

Beberapa kondisi yang umumnya diperiksa melalui X-ray meliputi kanker tulang, tumor payudara, pembesaran jantung, masalah pencernaan, infeksi, osteoporosis, sumbatan pembuluh darah, keretakan, dan lain-lain.

  • MRI

Tes pencitraan berikutnya adalah MRI. MRI adalah singkatan dari magnetic resonance imaging, sebuah upaya pemeriksaan yang memanfaatkan kekuatan magnet dan gelombang radio untuk menghasilkan gambar tiga dimensi struktur tubuh.

Hasil dari MRI akan memberikan gambaran rinci mengenai organ, jaringan, serta kerangka Anda. Dokter bisa mendeteksi dengan mudah apabila hasil MRI memperlihatkan adanya tanda-tanda penyakit tertentu. 

  • CT Scan

Di Cito Indraprasta Semarang, Anda juga bisa melakukan tes pencitraan berupa CT Scan. Prosedur CT Scan memanfaatkan teknologi komputer serta mesin sinar X. Mesin tersebut akan berputar mengelilingi tubuh Anda dan membuat gambar tubuh secara menyeluruh.

Gambar yang dihasilkan melalui CT Scan umumnya lebih detail dan lebih rinci dibandingkan dengan hasil X-ray. Hasil CT Scan bisa memperlihatkan kondisi jaringan lunak, pembuluh darah, dan tulang di bagian dalam tubuh. 

  • Mammogram

Mammogram adalah prosedur X-ray yang dilakukan pada wanita guna mendeteksi adanya kanker payudara. Prosedur pemeriksaan mammogram cukup umum dilakukan oleh wanita yang sudah berusia di atas 21 tahun.

Jika Anda ingin menjalani mammogram, maka Anda bisa mengunjungi laboratorium klinik ini. Tidak perlu menunggu sampai merasakan adanya gejala untuk bisa menjalani pemeriksaan jenis ini.

Masih ada beberapa jenis tes pencitraan dan radiologi lainnya yang bisa Anda lakukan di Cito Indraprasta Semarang. Bila Anda bingung dalam menentukan jenis tes yang ingin dijalani, sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan dokter Anda. 

Leave a Reply