Kandungan Echinacea Dalam Imunos Plus, Apa Tanaman Ini?

Kandungan Echinacea Dalam Imunos Plus, Apa Tanaman Ini?

Echinacea dalam imunos plus

Echinacea adalah salah satu tanaman rempah paling dikenal di seluruh dunia. Rempah ini bahkan dapat ditemukan di produk suplemen seperti Imunos Plus. Bahkan suku Indian yang mana merupakan penduduk Amerika asli telah menggunakan tanaman rempah ini selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Di era modern saat ini, echinacea dikenal sebagai obat herbal over-the-counter untuk meredakan gejala demam (common cold) dan flu. Selain itu, tanaman herbal ini juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri, peradangan, migraine, dan kondisi kesehatan lainnya. 

Echinacea adalah nama untuk sekumpulan bunga dalam keluarga bunga aster. Bunga ini berasal dari Amerika Utara dan tumbuh di lingkungan terbuka. Ada sembilan spesies dalam keluarga Echinacea, namun hanya tiga di antaranya yang digunakan dalam suplemen herbal, seperti Echinacea angustifolia, Echinacea pallida, dan Echinacea purpurea yang dapat ditemukan di suplemen Imunos plus. Tanaman echinacea mengandung berbagai macam senyawa aktif yang bermanfaat, seperti asam caffeic, alkamides, asam fenolik, asam rosmarinic, dan polyacetylenes. Sebagai tambahan, studi telah menghubungkan echinacea dan senyawa yang terkandung di dalamya dengan berbagai macam manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan kadar gula darah. 

Tanaman echinacea tinggi senyawa tanaman yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan adalah molekul yang membantu melindungi sel tubuh Anda dari stres oksidatif, sebuah kondisi yang telah dihubungkan dengan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan banyak penyakit lainnya. Beberapa dari antioksidan tersebut adalah flavonoid, asam cichoric, dan asam rosmarinic. Antioksidan tersebut banyak ditemukan di dalam buah dan bunga tanaman, dibandingkan dengan bagian tanaman lainnya seperti daun dan akar. Sebagai tambahan, tanaman echinacea juga mengandung senyawa yang disebut alkamide, yang mana dapat meningkatkan aktivitas antioksidan lebih jauh. Alkamide dapat memperbarui antioksidan yang telah terpakai dan membantu antioksidan mencapai molekul yang rentan terhadap stres oksidatif dengan lebih baik. 

Potensi efek samping

Produk yang mengandung echinacea seperti Imunos plus aman dikonsumsi dan dapat ditoleransi dengan baik dalam penggunaan jangka pende,. Namun, ada beberapa kasus di mana pengguna mengalami efek samping setelah menggunakan produk yang mengandung echinachea, seperti ruam kulit, kulit yang terasa gatal, pembengkakan, nyeri lambung, mual, dan sesak napas. Namun, efek samping tersebut lebih sering dijumpai terjadi pada orang-orang yang menderita alergi terhadap bunga, seperti bunga aster, krisan, marigold, dan lain-lain. Karena echinachea dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh, orang-orang dengan gangguan autoimun atau mereka yang mengonsusi obat penekan imun harus menghindari konsumsi obat herbal ini atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu, meskipun penggunaan jangka pendek terlihat aman, efek jangka panjang dari produk yang mengandung echinacea masih belum diketahui. 

Saat ini tidak ada rekomendasi dosis resmi penggunaan echinacea. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah temua dari penelitian seputar echinacea sangat bervariasi. Sebagai tambahan, produk echinacea sering tidak mengandung apa yang tertulis pada label kemasan obat. Satu studi menemukan bahwa 10 persen sampel produl yang mengandung echinacea sama sekali tidak mengandung echinacea. Oleh karena alasan inilah Anda harus membeli produk dari merek yang terpercaya seperti Imunos plus. Para peneliti menemukan dosis efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu ekstrak bubuk kering echinachea purpurea tiga kali sehari sebesar 300 hingga 500 mg; atau ekstrak cairan sebesar 2,5 ml tiga kali sehari dengan maksimal 10 ml per hari. Namun, akan lebih baik apabila Anda mengikuti anjuran yang dituliskan dalam kemasan obat herbal. 

Leave a Reply