Tips Memilih Shampo Ketombe yang Aman

Tips Memilih Shampo Ketombe yang Aman

Cara kerja shampo ketombe tergantung pada bahan aktifnya. Di bawah ini adalah daftar bahan aktif umum yang dapat ditemukan di beberapa shampo ketombe terbaik.

1. Shampo berbasis coal tar

bekerja dengan memperlambat proses alami sel-sel kulit pada kulit kepala yang rusak dan mengelupas.

2. Asam salisilat 

Kandungan ini digunakan dalam sampo sebagai bahan penggosok yang dapat menghilangkan serpihan, tetapi juga memiliki kemungkinan mengeringkan kulit kepala dan menyebabkan lebih banyak pengelupasan. Paling baik digunakan dalam kombinasi dengan kondisioner pelembab untuk melawan efek samping.

3. Selenium sulfida 

Adalah bahan anti ketombe lainnya yang memperlambat laju kematian sel-sel kulit, juga dapat mengurangi jumlah jamur malassezia yang menyebabkan iritasi dan ketombe.

4. Zinc pyrithione 

Adalah agen antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi populasi jamur di kulit kepala Anda yang mungkin menjadi sumber ketombe yang menghasilkan dermatitis seboroik.

5. Minyak pohon teh 

Adalah ekstrak dari pohon melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Kandungan ini memiliki sifat anti-jamur, antiseptik, dan antibiotik alami yang dapat mengurangi jumlah jamur penyebab dermatitis seboroik.

6. Ketoconazole 

Adalah obat antijamur spektrum luas yang sering berhasil ketika pengobatan lain gagal.

Jenis lain dari shampo ketombe adalah perawatan sumber organik. Sampo ini sering menggunakan minyak pohon teh dengan bahan alami lainnya, seperti minyak esensial dan ekstrak lainnya. Mereka juga mengungulkan kurangnya bahan kimia berat, wewangian simulasi dan bahan buatan. Meskipun tidak seperti minyak pohon teh, banyak bahan yang termasuk dalam perawatan organik tidak memiliki banyak pengujian dan penelitian untuk mendukung keefektifannya. Artinya, jika mereka bekerja, cara kerjanya belum tentu efektif untuk semua orang.

Tips memilih shampo terbaik untuk ketombe

Ketika memilih shampo ketombe terbaik untuk diri sendiri, penting untuk mengingat beberapa hal penting; apa penyebabnya, bahan apa yang harus Anda cari, dan jenis rambut apa yang Anda miliki. Siapa pun dapat melihat serpihan dan mengenalinya sebagai ketombe. 

Memilih shampo terbaik untuk ketombe berkisar pada merawatnya secara efektif tanpa menyebabkan masalah lain. Penggunaan sampo yang berlebihan dapat menyebabkan ketombe yang sifatnya berbeda dan bahkan merusak rambut. 

Sumber ketombe terbesar adalah dermatitis seboroik, yang tidak memiliki penyebab pasti, meskipun beberapa percaya kondisi ini terkait dengan jamur. Hal ini juga dapat bervariasi dari orang ke orang seperti apa mekanisme pemicu yang tepat. Karena itu dan jamur tertentu yang secara alami ditemukan di daerah kulit kepala tubuh adalah dua penyebab utama ketombe, kebanyakan shampo anti ketombe memiliki sifat antijamur. 

Sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide, ketoconazole, dan tea tree oil adalah jenis yang paling umum yang fokus pada masalah jamur potensial. Sebagian besar sampo yang mengandung bahan antijamur hadir dalam berbagai formula yang cocok untuk semua jenis rambut, bahkan rambut yang diwarnai.

Jika ketombe disebabkan oleh penumpukan, sampo yang mengandung asam salisilat dan coal tar cenderung paling membantu. Akan tetapi, keduanya adalah bahan yang tidak boleh digunakan setiap hari, karena dapat memiliki efek samping negatif yang menyebabkan lebih banyak iritasi dan ketombe. 

Saat memilih shampo yang memiliki salah satu dari ini, cari pelembab tambahan atau pasangkan dengan kondisioner yang mendukung kelembapan. Orang yang sudah memiliki masalah dengan rambut kering harus sangat berhati-hati dengan shampo ketombe ini. Pertimbangkan sebagai gantinya formula herbal yang membersihkan kulit kepala dan mengembalikan kelembapan.

Leave a Reply