Penyebab dan Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah

Bercak putih di wajah seringkali dikaitkan dengan panu di wajah. Panu atau Tinea versicolor atau disebut juga dengan Pityriasis versicolor disebabkan oleh jumlah jamur yang hidup di wajah sangat banyak. Jamur tersebut menyebabkan kulit kering dan gatal, serta bercak yang lebih terang atau gelap dari warna kulit asli.  

Bercak putih pada wajah ternyata tak melulu disebabkan oleh panu.

Namun bercak putih di wajah tak selalu karena panu. Ada banyak penyebab munculnya bercak di wajah, sehingga terdapat beragam cara menghilangkan bercak putih di wajah sesuai dengan penyebabnya. 

Penyebab bercak putih di wajah

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan bercak putih di wajah meliputi:

  1. Hypomelanosis guttate

Hypomelanosis guttate atau bintik matahari terjadi saat pigmen kulit yang disebut melanin menghilang. Bercak berukuran 1-3 milimeter dan cenderung muncul pertama kali di kaki sebelum berkembang ke lengan, punggung atas, dan wajah. 

Tidak diketahui secara pasti penyebab Hypomelanosis guttate, namun beberapa faktor diyakini sebagai penyebab bintik matahari, seperti riwayat keluarga dan paparan sinar matahari berlebih.  

  1. Panu

Panu atau tinea versikolor (TV) terjadi ketika jamur alami pada tubuh yaitu pityrosporum ovale tumbuh terlalu banyak dan menyebabkan pigmentasi kulit. Bercak yang disebabkan panu bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli penderita. 

Panu lebih sering terjadi pada remaja dan dewasa muda, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti cuaca panas, kulit berminyak, sistem kekebalan melemah, perubahan hormonal, dan keringat berlebih.

  1. Pitiriasis alba

Pitiriasis alba merupakan kondisi kulit non-kanker yang menyebabkan bercak merah, bersisik dan gatal. Saat sembuh, bercak akan meninggalkan bintik putih yang samar. 

Anak usia 3-16 tahun cenderung mengalami pitiriasis alba yang berkembang di wajah, leher, bahu, atau lengan. Tidak diketahui apa yang menyebabkan kondisi tersebut, namun pitiriasis alba kemungkinan merupakan bentuk ringan dari eksim atau dermatitis atopik.

  1. Vitiligo

Vitiligo adalah penyakit autoimun yang membuat kulit seperti berpola karena kehilangan warna alaminya. Vitiligo dapat memengaruhi area kecil, yang disebut vitiligo fokal. Bercak putih yang meluas disebut dengan vitiligo umum. 

Jika mempengaruhi bibir dan alat kelamin disebut vitiligo mukosa, sementara jika bercak juga ditemukan pada ujung jari disebut vitiligo ujung bibir (lip-tip vitiligo). Beberapa jenis lainnya yaitu vitiligo acrofacial, vitiligo universal, dan vitiligo segmental. 

Cara menghilangkan bercak putih di wajah

Ada banyak penyebab munculnya bercak putih di wajah, sehingga perlu pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan cara menghilangkan bercak putih di wajah. 

Untuk kasus bintik matahari, bisa diatasi dan dicegah dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Prosedur medis seperti dermabrasi atau menghilangkan lapisan luar kulit juga dapat menghilangkan bercak putih di wajah akibat bintik matahari. 

Obat-obatan seperti krim steroid topikal dan krim retinoid topikal juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik matahari. Kedua krim tersebut umumnya digunakan untuk mengatasi sebagian besar kasus tampilan kulit yang tidak merata. Krim steroid dan retinoid memicu pergantian sel dan pengangkatan lapisan luar kulit (eksfoliasi). 

Untuk mengobati pityriasis alba, Anda bisa menggunakan pelembab secara teratur dan mengoleskan krim kortikosteroid topikal dosis rendah. Cara ini juga bisa diterapkan sebagai terapi pengobatan vitiligo, yang dikombinasikan dengan pengobatan sinar ultraviolet atau operasi. 

Jika bercak putih di wajah disebabkan oleh panu, Anda bisa menggunakan sabun atau krim antijamur. Sebagian besar obat antijamur mengandung selenium sulfida, seng pyrithione, atau ketoconazole. 

Catatan

Bercak putih di wajah memang membuat tidak pede. Namun dengan perawatan yang tepat Anda bisa mendapatkan kulit cantik Anda. 

Sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan sebagai cara menghilangkan bercak putih di wajah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Apalagi jika ingin menggunakan krim steroid.

Leave a Reply